Sahabat
Guru Belajar,
Selamat datang di
Bimbingan Teknik (Bimtek) Literasi dan Numerasi Palform Guru Belajar dan
Berbagi.
Sebagaimana
kita ketahui bahwa perkembangan literasi dan numerasi bagi anak Indonesia lima
belas tahun terakhir ini mengalami perkembangan yang kurang menggembirakan.
Hasil tes PISA belum dapat menunjukkan perkembangan yang sesuai harapan.
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sudah diprogramkan dan diberikan berbagai
pelatihan. Dari praktik penerapan program GLS masing-masing daerah memiliki
tafsir yang beragam. Penafsiran ini berdampak pada pelaksanaan program literasi
di sekolah.
Dalam rangka
meningkatkan kecakapan literasi dan numerasi guru kami menyelenggarakan Bimtek
Literasi dan Numerasi ditujukan untuk guru SD dan SMP. Bimtek ini terdiri dari
3 Modul yaitu: 1) Konsep Dasar Literasi dan Numerasi, 2) Implementasi Literasi
dan Numerasi pada pembelajaran di sekolah dan 3) Praktik Baik Literasi dan
Numerasi di sekolah, keluarga dan masyarakat.
Melihat urgensinya
materi dalam Bimtek ini, kami berharap Guru SMA/SMK/MA dan Kepala sekolah SD,
SMP dan SMA seyogyanya mengikuti Bimtek ini. Hal ini akan banyak membantu
proses implementasi literasi dan Numerasi pada jenjang tersebut. Para Widya
Iswara Bahasa Indonesia dan Widya Iswara Matematika, perlu juga melihat materi
dan perkembangan konsep serta implementasi Literasi dan Numerasi pada Bimtek
ini.
Sahabat Guru Belajar,
Setelah
mengikuti Bimtek ini diharapkan peserta memiliki kecakapan literasi berkembang
dengan indikator: 1) mampu melihat profil perkembangan literasi anak, 2) mampu
menyiapkan kelas yang kaya teks, 3) mengetahui struktur pengetahuan bahasa (
bunyi, kata, kalimat dan pragmatik) 4) mampu mengomunikasikan ide dalam bentuk
teks dan lisan dengan runtut.
Adapun gambaran umum
dari materi ketiga modul adalah sebagai berikut:
- Modul 1
Konsep Dasar Literasi dan Numerasi
Pada modul ini akan
dibahas: 1) konsep dasar literasi, 2) konsep dasar numerasi, 3) perkembangan
literasi, 4) perkembangan numerasi dan 5) pemrofilan literasi anak. Setelah
menyelesaikan modul ini peserta akan dimudahkan untuk belajar modul 2.
- Modul 2 Implementasi Literasi dan Numerasi Berbasis
Kelas
Pada modul 2 membahas:
1) implementasi Literasi dan Numerasi di kelas, 2) Implementasi Literasi dan
Numerasi tematik, 3) Implementasi Literasi dan Numerasi berbasis
mata pelajaran dan 4) Penyusunan program literasi dan numerasi di kafe.
- Modul 3 Praktik baik penyelenggaraan Literasi dan
Numerasi.
Sub modul terdiri dari
1) Literasi dan numerasi pada Keluarga, 2) literasi dan numerasi di Sekolah dan
3) Literasi dan Numerasi di masyarakat.
Sasaran
dan tujuan
Sasaran
program pedoman bimbingan teknis literasi dan numerasi berbasis platform Guru
Belajar & Berbagi adalah Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas di
jenjang SD, SMP, SMA/SMK di Indonesia maupun guru yang berada di Sekolah
Indonesia Luar Negeri (SILN). Setelah mengikuti bimbingan teknis ini,
peserta diharapkan mampu menjelaskan praktik baik tentang pengembangan
aktivitas atau kegiatan yang mendorong peningkatan literasi dan numerasi di
sekolah dalam bentuk artikel, video, infografis, dan lain-lain yang dapat
menjadi inspirasi serta rujukan bagi guru di seluruh Indonesia.
Adapun tujuan dari bimbingan teknis ini adalah:
- memberikan
pengetahuan pengertian literasi dan numerasi dengan tepat,
- memberikan
pemahaman perkembangan literasi dan numerasi sebagai bagian
dari proses belajar berkelanjutan,
- memberikan
keterampilan pemrofilan perkembangan literasi sebagai dasar pembelajaran
numerasi,
- memberikan
pemodelan implementasi literasi dan numerasi pada pembelajaran di kelas,
dan
- memberikan
pengetahuan tentang praktik baik literasi dan numerasi pada keluarga,
sekolah dan masyarakat.
Hasil
yang diharapkan
Dengan
adanya pedoman bimbingan teknis literasi dan numerasi berbasis platform Guru
Belajar & Berbagi, secara umum diharapkan dapat menghasilkan gambaran
kegiatan dan program yang berisi miskonsepsi, konsepsi dasar, implementasi, dan
praktik baik sebagai referensi guru
lainnya dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di Indonesia.
Adapun secara khusus hasil yang diharapkan dari kegiatan bimbingan teknis ini
diantaranya:
- Peningkatan
keterampilan dasar literasi dan numerasi guru pendidikan dasar.
- Peningkatan
keterampilan dasar literasi dan numerasi kepala sekolah pada pendidikan
dasar.
- Peningkatan
keterampilan dasar literasi dan numerasi pengawas sekolah pada pendidikan
dasar.
- Mewujudkan
keberlanjutan proses pembelajaran berbasis literasi dan numerasi sesuai
dengan tingkatan kelas di jenjang pendidikan dasar
Pendaftaran
dan Proses Belajar
- Peserta
bimtek diberi keleluasaan untuk memilih jadwal waktu belajar sendiri
sesuai pilihan waktu yang telah disediakan, melalui laman gurubelajardanberbagi.kemdikbud.go.id;
- Peserta
mengikuti bimtek selama 32 Jam Pelajaran (JP) sesuai waktu yang telah
dipilih. Peserta diharuskan untuk menuntaskan seluruh rangkaian bimtek
hingga mengikuti Tes Akhir dan mendapatkan skor Tes Akhir paling rendah
70%. Peserta yang tidak dapat menyelesaikan modul bimtek atau perolehan
skor Tes Akhir kurang dari 70%, dapat mengulang sampai dengan 3 kali post
test. Apabila 3 (tiga) kali kesempatan tetap tidak berhasil /dinyatakan
tidak tuntas, maka peserta dapat mengulang kembali dengan memilih
jadwal yang masih ada.
- Peserta
yang sudah menuntaskan bimtek diharuskan membuat pengimbasan dan
mengupload bukti fisiknya pada link yang sudah disediakan. Adapun Rencana
Tindak Lanjut dibuat sebagai berikut:
- Untuk
guru, rencana strategi implementasi literasi dan numerasi dalam kegiatan
pembelajaran sesuai mata pelajaran yang diampu. Untuk Kepala dan Pengawas
Sekolah, rencana implementasi strategi literasi dan numerasi di sekolah.
- Rencana
pengimbasan kepada rekan sejawat di kelompok kerja (PKG, KKG, MGMP, MKKS,
KKPS/MKPS) secara luring ataupun daring.
- Sertifikat
dapat diunduh bagi peserta yang sudah menyelesaikan pengimbasan.
Bimbingan teknis peningkatan literasi dan
numerasi berbasis Platform Guru Belajar & Berbagi bagi para guru penggerak di jenjang Pendidikan SD dan
SMPmerupakan suatu kegiatan yang penting dan strategis Direktorat GTK DIKDAS
Kemdikbudristek dalam rangka memfasilitasi para guru SD, dan SMP dalam upaya
peningkatan kemampuan literasi dan numerasi di Indonesia. Penyusunan pedoman
bimtek ini dimaksudkan sebagai acuan bagi penyelenggaraan bimbingan teknis
dalam perencanaan, penyiapan, pelaksanaan, dan pemantauan sekaligus evaluasi
bimbingan teknis peningkatan literasi dan numerasi di Indonesia. Dengan adanya
pedoman bimbingan teknis literasi dan numerasi berbasis Platform Guru Belajar & Berbagi diharapkan dapat menghasilkan gambaran kegiatan
dan program yang berisi praktik baik sebagai referensi guru lainnya dalam upaya meningkatkan kemampuan
literasi dan numerasi di Indonesia.
Sahabat
guru, selamat mengikuti Bimtek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Lugas, Cerdas, Santun dan Mendidik